20 May 2011

Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA)

Air yang mengalir mempunyai energi yang dapat digunakan untuk memutar roda turbin, karena itu pusat-pusat tenaga air dibangun disungai-sungai dan dipegunungan-pegunungan. Pusat tenaga air tersebut dapat dibedakan dalam 2 (dua) golongan, yaitu pusat tenaga air tekanan tinggi dan pusat tenaga air tekanan rendah.
Pada pusat tenaga air tekanan tinggi dapat diketahui bahwa dengan didirikannya bendungan di daerah yang tinggi akan terdapatlah sebuah reservoir air cukup besar. Dengan menggunakan pipa air tersebut dialirkan ke rumah pusat tenaga yang dibangun dibagian bawah bendungan, dan didalam rumah tersebut telah dipasang dua buah nosel turbin, lewat nosel itulah air akan menyemprot keluar dan memutar roda turbin, kemudian baru air tersebut dibuang ke sungai. Dari selisih tinggi permukaan air atas TPA dan permukaan air bawah TPB terdapat tinggi air jatuh H. Dan dengan menggunakan rumus-rumus mekanika fluida, daya turbin,luas penampang lintang saluran dan dimensi bagian-bagian turbin lainnya serta bentuk energi dari aliran air dapat ditentukan.

Bagian-bagian utama dari sebuah Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA) terdiri dari :
a. Bendungan/dam (water reservoir)
b. Pipa pesat (pipe line)
c. Turbin air (water turbine)

Air sungai merupakan salah satu potensi yang cukup besar untuk dapat membangkitkan tenaga listrik. Aliran sungai dengan jumlah debit air yang cukup besar ditampung dalam waduk (1) yang ditunjang dengan bangunan bendungan (3). Air tersebut dialirkan melalui saringan Power Intake (2) kemudian masuk ke Pipa Pesat (Penstock) (4) untuk merubah energi potensial menjadi energi kinetik. Pada ujung pipa pesat dipasang Katup Utama (Main Inlet Valve) (5) untuk mengalirkan air ke turbin. Katup utama akan ditutup otomatis apabila terjadi gangguan atau di stop atau dilakukan perbaikan/pemeliharaan turbin.

Air yang telah mempunyai tekanan dan kecepatan tinggi (energi kinetik) dirubah menjadi energi mekanik dengan dialirkan melalui sirip-sirip pengarah (sudu tetap) akan mendorong sudu jalan/runner yang terpasang pada turbin (6). Energi putar yang diterima oleh turbin selanjutnya digunakan untuk menggerakkan generator (7) yang kemudian menghasilkan tenaga listrik. Air yang keluar dari turbin melalui Tail Race (8) selanjutnya kembali ke sungai (9). Tenaga listrik yang dihasilkan oleh generator, tegangannya masih rendah (13,8 kV). Oleh karena itu, tegangan tersebut terlebih dahulu dinaikkan dengan Trafo Utama (10) menjadi 154 kV untuk efisiensi penyaluran energi dari pembangkit ke pusat beban. Tegangan tinggi tersebut kemudian diatur/dibagi di Switch Yard 150 kV Gardu Induk (11) dan selanjutnya disalurkan/interkoneksi ke sistem tenaga listrik melalui kawat saluran Tegangan Tinggi 150 kV (12). Disamping itu pada waduk dengan sungai yang menjadi sumber energi utamanya apabila terjadi banjir maka kelebihan air tersebut akan dibuang melalui pintu pelimpas otomatis (spillway) (13).
Pada
pusat listrik tenaga air (PLTA) ini energi listrik yang dihasilkan generator sangatlah bergantung dari tingkat ketersediaan air yang ada dan sumber-sumber air yang mampu untuk dimanfaatkan serta kondisi geografis yang ada. Seperti pada pusat listrik tenaga air (PLTA) dinegeri Cina energi listrik yang mampu dihasilkan oleh generator sampai diatas 1000 MW karena tingkat ketersediaan air yang sangat berlimpah dan berlangsung dalam periode tahunan, dimana air sebagai sumber energi utamanya diambil dari aliran sungai kuning (yellow river). Sedangkan pada pusat listrik tenaga air (PLTA) dengan skala energi listrik yang dihasilkan oleh generator kecil dapat diambil contoh pada PLTA Sudirman di Banjarnegara, dimana air sebagai sumber energi utamanya diambil dari aliran beberapa sungai yang ada dan ditampung didalam bendungan/dam, sehingga hal ini tingkat ketersediaan air sangatlah terbatas. Sedangkan pada pusat listrik tenaga air (PLTA) dengan skala energi listrik yang dihasilkan oleh generator adalah skala menengah seperti pada PLTA Saguling di Jawa Barat, dimana air sebagai sumber energi utamanya diambil dari aliran beberapa sungai yang ada dan ditampung didalam bendungan/dam serta ditambah dengan curah hujan yang relative cukup tinggi dan dalam rentang periode yang cukup lama, maka air sebagai sumber energi utama PLTA tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal.

Gambar Prinsip Kerja
PLTA


19 comments:

  1. mudah-mudahan PLTA tetap ada yach...
    karena sangat di perlukan bangetz...

    ReplyDelete
  2. hello thank you for the helpful information

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum, Pak Ichsan, kebetulan nama kita sama, tapi saya tidak mengenal wajah pak Ichsan, bolehkah saya mengenal pak Ichsan untuk saling Share tentang Renewable Energy ini pak?

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum,Diablo 3 items Pak Ichsan, kebetulan nama kita sama, tapi saya tidak mengenal wajah pak Ichsan, bolehkah saya mengenal pak Ichsan untuk saling Write aboutBuy rs gold tentang Sustainable energy ini pak?

    ReplyDelete
  5. I really loved reading your blog. It was very well authored and easy to understand. Unlike additional blogs I have read which really not tht are good. I also found your posts very interesting. In fact after reading, I had to go show it to my friend and he enjoyed it as well!

    ReplyDelete
  6. Oh! Great, these kinds of sites are really helpful for searching good and useful stuff , thanks a lot for sharing this one.

    ReplyDelete
  7. I love it when things get improved, thanks for putting up a great guide. Hope it will help me out in my future projects
    dentist in gilmer tx

    ReplyDelete
  8. It’s a unique article having some interesting news about the culture, i like it. Its really fun and cool. But i want to know something more about this….

    University of Phoenix Online

    ReplyDelete

  9. It’s a unique article having some interesting news about the culture, i like it. Its really fun and cool. But i want to know something more about this….

    dentist marshall tx

    ReplyDelete
  10. I love the questions you asked the group. It's really made me know them proper. This is a wonderful post. I will share it to everynone . Thank you verymuch
    online classes

    ReplyDelete
  11. I love the questions you asked the group. It's really made me know them proper. This is a wonderful post. I will share it to everynone .
    Phoenix University

    ReplyDelete
  12. Really I'm impressed out of this post…The one that created this post can be a genius and learns how to keep your readers connected..Thank you for sharing this with us. I uncovered it informative and interesting. Excited for much more updates.

    ReplyDelete
  13. The second stage is always to make working out a pattern.


    Stop by my web site ... www.getfitnstrong.com

    ReplyDelete
  14. All of these characteristics allow to get a a lot more at ease exercise.


    my web page adjustable dumbbells

    ReplyDelete
  15. Ok terimakasih atas post tentang PLTA nya gan :) salam kenal

    ReplyDelete
  16. The very best part is, you'd probably actually only have to shell out about $200 to have each one of these so you would get everything at significantly less than 50 % the value.

    Feel free to visit my web page: getfitnstrong.com

    ReplyDelete
  17. Climbing stairs is nothing less then difficult, heading a number of methods can make you breathless.


    Look at my web page - www.getfitnstrong.com/bowflex-dumbbells/bowflex-selecttech-552-adjustable-dumbbells/

    ReplyDelete