04 April 2010

Transformator Tenaga (Power Transformer)

Trafo tenaga adalah suatu peralatan tenaga listrik yang berfungsi untuk mentransformasikan daya listrik dari tegangan tinggi ke tegangan rendah atau sebaliknya.

a. Bagian-bagian utama transformator tenaga:
  • Inti besi : Berfungsi untuk mempermudah jalan fluksi, yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melalui kumparan. Dibuat dari lempengan-lempengan besi tipis yang berisolasi, untuk mengurangi panas (sebagai rugi-rugi besi) yang ditimbulkan oleh Eddy Current.
  • Kumparan : Adalah beberapa lilitan kawat berisolasi yang membentuk suatu kumparan. Kumparan tersebut terdiri dari kumparan primer dan kumparan sekunder yang diisolasi baik terhadap inti besi maupun terhadap antar kumparan dengan isolasi padat seperti karton, pertinak dan lain-lain.
  • Minyak Trafo : Seluruh kumparan dan inti besi transformator direndam dalam minyak trafo. Minyak berfungsi sebagai media pemindah panas trafo (pendingin) serta berfungsi sebagai isolasi.
  • Tangki dan Konservator : Pada umumnya bagian-bagian dari trafo yang terendam minyak trafo berada (ditempatkan) dalam tangki. Untuk menampung pemuaian minyak trafo, tangki dilengkapi dengan konservator.
  • Bushing : Hubungan antara kumparan trafo ke jaringan luar melalui sebuah bushing yaitu sebuah konduktor yang diselubungi oleh isolator, yang sekaligus berfungsi sebagai penyekat antara konduktor tersebut dengan tangki trafo.

b. Peralatan bantu transformator:
  • Pendingin : Pada inti besi dan kumparan-kumparan akan timbul panas akibat rugi-rugi besi dan rugi-rugi tembaga. Bila panas tersebut mengakibatkan kenaikan suhu yang berlebihan, akan merusak isolasi (di dalam transformator). Maka untuk mengurangi kenaikan suhu trafo yang berlebihan maka perlu dilengkapi dengan alat/sistem pendingin untuk menyalurkan panas keluar transformator. Media yang dipakai pada sistem pendingin dapat berupa minyak dan udara. Sedangkan dalam pengalirannya (sirkulasi) dapat berupa alamiah (natural) dan tekanan/paksaan.
  • Tap changer : Alat perubah perbandingan transformasi untuk mendapatkan tegangan operasi sekunder yang lebih baik (diinginkan) dari tegangan jaringan/primer yang berubah-ubah.
  • Alat Pernapasan (Silicagel) : Karena pengaruh naik turunnya beban transformator maupun suhu udara luar, maka suhu minyak pun akan berubah-ubah, sehingga mengakibatkan adanya pemuaian dan penyusutan minyak trafo. Menyusutnya minyak trafo mengakibatkan permukaan minyak menjadi turun dan udara akan masuk ke dalam tangki. Proses demikian disebut pernapasan trafo. Akibat pernafasan tersebut maka minyak trafo akan bersinggungan dengan udara luar. Untuk mencegah hal ini maka ujung pipa penghubung udara luar dilengkapi dengan alat pernapasan berupa tabung berisi kristal zat hygrokopis (silicagel).
  • Indikator : Untuk mendeteksi transformator yang beroperasi maka dilengkapi dengan indikator suhu minyak, indikator suhu kumparan, indikator level minyak, indikator sistem pendingin serta indikator kedudukan tap changer.
  • Peralatan proteksi : Untuk mengamankan transformator yang diakibatkan karena gangguan maka dipasang relai pengaman seperti; Relai differensial, Buchloz, tekanan lebih, relai tangki tanah, relai hubung tanah, relai thermis, relai tekanan lebih, sudden pressure, relai jansen, arus lebih dan Arrester

11 comments:

  1. terima kasih atas infonya mas

    ReplyDelete
  2. mw tanya,,
    cara kerja minyak trafo tuh gmn?
    mksh

    ReplyDelete
  3. bang mw tnya ni.,.,klo pnjang n luas koker tuh dah da dpasaran to qt yg buat.,.,????
    bs ajarin g low buat trafo step up dr 220 ke 1kv itung2annya gmn????
    tlg krim kemail q y.,.,
    ucinzack@yahoo.com
    teimakasih banyak^_^

    ReplyDelete
  4. Really you are sharing very useful information... THanks

    ReplyDelete
  5. Bismillah,,

    Di copy yah artikelnya,, Syukran!

    ReplyDelete
  6. Pagi bang,,,,:)
    Lam kenal mann ea...(yangpunyablogmksdnya)
    kebtulan aq ne pagi2 cari tugas..gk dapat2.
    aq mw minta Tolong Ama yg PunyaBlog..bang tolonglh kirimkan
    doc peralatan tegangan tinggi min 1o lbr,dan satu lagi,,sistem pengaturan beban,
    ke email : gfahriendi@yahoo.co.id
    makasih atas perhatiannya,,,

    ReplyDelete
  7. beat mw tnya ni.Buy rs gold,.,klo pnjang in luas koker tuh dah fordi dpasaran in order to qt yg buat.,.,????
    bachelor of science ajarin grams minimal buat trafo intensify medical professional 220 ke 1kv Diablo 3 itemsitung2annya gmn????
    tlg krim kemail queen y simply.,.,

    ReplyDelete
  8. hehe salam kenal gan :)
    ini artikel judulnya kaya nama flm yaa "transformer"

    ReplyDelete
  9. salam kenal bung...!!
    Tengkyou so much (yang punya blog) sudah sangat membantu..

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. I cannot thank Mr Benjamin service enough and letting people know how grateful I am for all the assistance that you and your team staff have provided and I look forward to recommending friends and family should they need financial advice or assistance @ 1,9% Rate for Business Loan .Via Contact : .  247officedept@gmail.com. WhatsApp...+ 19893943740. Keep up the great work.
    Thanks, Busarakham.

    ReplyDelete